Perbaiki Android Dengan Tangan Kosong


Pernahkah smartphone Android anda rusak? Sebagian orang pasti pernah mengalaminya. Kerusakan smartphone android dibagi 2 bagian yaitu kerusakan hardware dan kerusakan software. Kebanyakan orang yang memiliki smartphone Android sering mengalami kerusakan software. Tapi hal itu tidak disadari karena kurangnya pengetahuan tentang smartphone. Bagi yang sudah tau pastinya tidak akan membaca artikel ini lagi.

Beberapa penyebab rusaknya smartphone Android yang sering terjadi,
  1. Mati karena habis baterai dapat merusak software smarphone. Segeralah mencharger smartphone saat baterai mau habis (lowbact)
  2. Banyaknya memasang aplikasi di smartphone. Sesuaikan kapasitas memori smartphone anda dalam memasang aplikasi. Saat memori smartphone tidak memiliki ruang kosong lagi maka akan terjadi hang. Itu akan membuat anda kesal dan langsung mencabut baterai atau mematikan smartphone secara paksa.
  3. Sembarang download dan memasang aplikasi. Ada beberapa aplikasi sumber virus sejenis trojan yang selalu memaksa smartphone anda untuk membaca dan mengirim data-data pribadi anda ke pemilik virus tersebut. Hindarilah memasang aplikasi yang berbau porno dan hacking.
  4. Rooting smartphone Android. Dapat menyebabkan hilangnya garansi. Perlu diketahui, smartphone yang sudah di root tidak dapat dikembalikan seperti semula. Walaupun anda mendapatkan software standar bawaan smartphone yang sesuai type smarphone anda, itu tidak akan membuat smartphone anda bekerja bagus dan lancar seperti sebelumnya 
Penyebab rusaknya smartphone seperti yang saya paparkan diatas hanya garis besarnya saja. Masih banyak faktor lain yang menyebabkan kerusakan smartphone. Cukup 4 poin saja yang penulis paparkan.

Pada ulasan ini kita akan mengulas bagaimana memperbaiki smartphone android dengan tangan kosong. Smartphone Android bisa diperbaiki jika
  1. Layar hidup tapi tidak tampil apapun, hanya layar hitam.
  2. Layar hanya menampilkan logo smartphone.
  3. Lupa password atau pola kunci smarphone.
  4. Dicurigai adanya virus yang menyebabkan kinerja smarphone melambat.
Tutorial ini berlaku jika anda mempunyai kerusakan seperti diatas. Bagaimana caranya?
Mudah, kita akan melakukan reset pada menu boot Android, Kenali terlebih dahulu tipe smartphone Android anda. Lihat gambar dibawah ini.

Klik gambar untuk memperbesar tampilan gambar


Lihat apakah smartphone anda seperti gambar type A atau type B.
Type A, tidak memiliki tombol Home dibawah layar.
Type B, memiliki tombol Home dibawah layar.

Untuk mereset smartphone Android kita harus masuk terlebih dahulu ke menu recovery mode. Caranya adalah dengan menekan 3 tombol kombinasi atau 2 tombol kombinasi. Beda type smartphone beda pula tombol kombinasi. Ada juga yang sama. Berikut beberapa tombol kombinasi yang harus anda coba untuk masuk ke menu recovery mode.
  1. Home + Volume (+) + Power
  2. Home + Volume (-) + Power
  3. Volume (+) + Volume (-) + Power
  4. Volume (+) + Power
  5. Volume (-) + Power
Berikut cara menggunakan kombinasi tombol.
Misal smartphone merk Sungsang yang memiliki tombol dibawah layar (type B).
Tekan dan tahan tombol Home beserta tombol Volume (+), kemudian tekan tombol Power sampai smartphone anda hidup. Saat logo Andoid tampil, lepas tombol Power yang anda tahan tadi. Sedangkan tombol Home dan Volume (+) tetap ditahan sampai tampil menu Recovery Mode. Jika anda berhasil masuk ke menu Recovery Mode maka tampilannya seperti gambar dibawah ini. Jika tidak berhasil, cobalah kombinasi lain seperti yang sudah dijelaskan diatas.


  • Pilih wipe data/factory reset untuk mereset smartphone anda. Gunakan tombol Volume (+) atau Volume (-) untuk memilih menu tersebut. Setelah itu tekan OK (biasanya tombol OK adalah tombol Power, Volume (+) atau Home.
  • Pilih Yes - - delete all user data.
  • Tunggu proses reset sampai selesai, kemudian pilih reboot system now.
  • Selesai, smartphone anda kembali seperti baru lagi.

PENTING...!!!
  • Sebelum melakukan reset smartphone, backup data dari memori internal smartphone anda ke memori sdcard. Data yang ada di memori sdcard tidak akan terhapus saat anda mereset smarphone.
  • Sebelum melakukan reset smartphone, baterai anda harus dicharger terlebih dahulu. Minimal 70% baterai terisi.
  • Sebelum melakukan reset smartphone, catat semua nama akun dan password yang ada di smartphone, seperti BBM, Facebook, Twitter dan sebagainya.

Selesai sudah ulasan memperbaiki android dengan tangan kosong, jika anda masih bingung anda bisa mengirimkan komentar dibawah artikel ini. Terima kasih.


Share on Google Plus

About 18124

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment